Senin, 26 November 2012

Cara Mudah Merawat Motor dan Mobil Di Musim Hujan

Tidak bisa dipungkiri bahwa musim hujan adalah musim dimana motor atau mobil kita harus diperhatikan secara lebih, banyak penyakit kendaraan yang biasanya muncul di musim ini. Faktor yang paling utama yang menyebabkan banyak penyakit kendaraan di musim hujan adalah air hujan yang menempel pada kendaraan kita, air hujan adalah air yang banyak mengandung kandungan asam/garam yang banyak menimbulkan penyakit seperti karat pada mobil ataupun motor, dan juga dapat membuat berbagai macam part menjadi macet. Lalu bagaimana cara yang mudah untuk merawat kendaraan kita di musim hujan? jawabannya adalah mencuci dengan air biasa.

Pernahkah anda merasa mesin kendaraan anda menjadi tidak normal? seperti gejala mesin brembet, tuas gas seret, kelistrikan bermasalah dan terkadang mesin mati mendadak?. Itulah beberapa hal yang sering menerpa kendaraan seseorang.

Cara yang paling mudah untuk merawat kendaraan kita (termasuk mobil dan motor) di musim hujan adalah dengan sering-sering mencuci kendaraan kita, yang paling bagus adalah kita segera mencuci kendaraan kita setelah kendaraan kita melewati genangan air hujan ataupun setelah berhujan-hujan ria.

Musim hujan bisa jadi salah satu musim yang paling di benci oleh para pemiliki sepeda motor, selain seringnya terjebak hujan di perjalanan, pemiliki sepeda motor juga biasanya mendapatkan banyak masalah di musim hujan. Sebagai contoh adalah, ketika kita mengendarai sepeda motor dikala hujan, maka hampir seluruh bagian sepeda motor kita akan terkena air hujan, bagian rangka, bagian mesin, kelistrikan, speedometer dan lain-lain. Lalu bagian mana yang harus sering kita perhatikan. Kita lihat satu-satu.

sepeda motor di musim hujan
Ilustrasi - Image by : lesliekays.com
Mesin sepeda motor, inilah hal yang sangat penting untuk kita perhatikan, sudah banyak seorang pemilik sepeda motor mengalami ganguan pada bagian mesin, terkadang mesin motor kita bisa mati mendadak, kabel gas seret tidak lancar, dan lain-lain. Biasanya masalah ini timbul karena bagian mesin kita terkena air hujan, segeralah cek keadaan kesehatan mesin motor kita disaat waktu lenggang. Busi yang basah dan kotor bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan mesin sepeda motor kita sering ngadat, selain itu kabel gas yang berkarat karena air hujan juga bisa menyebabkan keadaan mesin kita kurang sehat, lumasilah dengan cairan pemberesih atau oli dan kalau sempat diberesihkan bagian kabelnya.

Body atau rangka berkarat? air hujan banyak mengandung zat yang menyebabkan sepeda motor kita berkarat, maka untuk menghindari hal ini semakin buruk, anda sebaiknya sering memcuci sepeda motor anda dikala musim hujan. cukup dengan beberapa ember saja anda sudah bisa meminimalkan dampak dari air hujan bagi kendaraan anda, cucilah dengan air pada bagian body / rangka, mesin, pelek (velg), rem, tangki bensin, knalpot, rantai dan lain-lainnya.

Kelistrikan, ini adalah salah satu bagian dari kendaraan kita yang cukup sensitif dengan yang namanya air hujan, untuk para pengendara sepeda motor, kita bisa mulai untuk mencuci bagian speedometer dengan air, lap lah bagian seperti lampu, kalau bisa juga anda dapat menyingkirkan air/embun pada bagian aki sepeda motor anda. Jika anda rajin mencuci/memberesihkan bagian-bagian itu, anda tidak perlu khawatir terjadi banyak masalah di musim hujan, setidaknya kita bisa meminimalkan dampak buruk dari musim hujan.

merawat mobil dengan mencuci
Merawat mobil - image by : Thinkstock
Bagaimana dengan cara merawat mobil di musim hujan? sebenarnya hampir sama saja dengan cara merawat sepeda motor, hanya jika terlihat sepertinya mobil tidak memerlukan banyak perhatian layaknya sepeda motor, mungkin ini juga bisa menjadi alasan mengapa seseorang lebih memilih mobil dari pada motor (jika dana mencukupi tentunya). Lalu apakah benar mobil minim perawatan di musim hujan, mungkin saja jika dibandingkan dengan sebuah sepeda motor, bagian seperti speedometer atau jok dari sebuah mobil tentu saja tidak akan terkena air hujan bukan?. Anda hanya perlu sering membasuh mobil anda dengan air biasa, bersihkanlah bagian pelek (velg), bagian body, lampu, kaca spion dan tentu saja bagian rangka bagian bawah supaya kotoran dan air hujan tidak menumpuk disana.

Untuk memberikan hasil yang maksimal dalam cara merawat motor dan mobil dimusim hujan, setelah anda memcuci kendaraan anda, sebaiknya anda segera memberikan cairan anti karat pada seluruh bagian kendaraan anda yang terbuat dari selain plastik atau kulit ( seperti jok), banyak produk pengkilat kendaraan di pasaran yang biasanya juga dapat melindungi cat dan mempunyai perlindungan yang cukup dari air hujan dan tentu saja menghindari karat. Untuk sepeda motor, rawatlah rantai anda dengan menyemprotkan cairan pemberesih rantai.

Mudah bukan? memang terkadang kita merasa malas untuk merawat sepeda motor atau mobil kita di kala musim hujan, kita terkadang merasa terlalu lelah setelah menempuh perjalanan, tetapi bagaimanapun, motor atau mobil kita memerlukan banyak perhatian di musim seperti ini, apakah anda sudah melakukan perawatan seperti diatas? atau anda memiliki tips lainnya? silahkan berbagi disini, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Makasih untuk infonya mas .... sungguh musim hujan ini, musimnya rajin nyuci motor .. hehehe

    BalasHapus

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)