Senin, 26 November 2012

Promosi Produk Lewat Social Media? Wajib Di Coba !

Cara berpromosi sebuah produk sudah mulai menjamah dunia teknologi, internet. Untuk itu, sebagai seorang pengusaha atau business man kita sudah wajib untuk mulai melirik peluang ini. Dulu, untuk mendapatkan banyak calon pembeli, kita harus mempromosikan produk kita secara manual dan paling banter juga hanya menggunakan media TV, koran ataupun radio, selain berbayar kita juga wajib mengetahui seluk-beluknya. Nah, saat ini, dunia teknologi termasuk internet sudah sangat maju dan umum digunakan, salah satu produk internet yang dapat kita manfaatkan sebagai media promosi adalah social media seperti Facebook, G+ atau pun Twitter, kelebihan social media adalah layanan yang mudah digunakan dan tentu saja gratis!!.

facebook, salah satu media promosi terpopuler saat ini
Beberapa hari yang lau, saya telah menuliskan sekilas tentang manfaat teknlogi bagi perkembangan bisnis kita di artikel ini, kali ini saya ingin memberikan sedikit mendetail tentang informasi mengenai apa itu social media dan apa manfaatnya sebagai media promosi untuk produk kita. Sebelum lebih lanjut, saya menganggap anda sudah bisa menggunakan internet dan bisa mengguinakan komputer ataupun hp yang memiliki layanan internet, ini dikarenakan kita memerlukan fasilitas ini sebelum kita bisa menggunakan layanan social media. Jika anda belum bisa menggunakan fasilitas internet, anda bisa mulai belajar menggunakannya dari hari ini.


Apa itu social media, secara sederhana,: social media adalah sebuah tempat yang didalamnya menyediakan sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain, atau istilah mudahnya adalah tempat seseorang (perusahaan, kelompok, dll) memberikan informasi mengenai dirinya kepada orang lain dan dapat berkomunikasi didalamnya.

Social media sendiri sebenarnya sudah hadir dari tahun-tahun lalu, mungklin anda sudah mengenal friendster? nah seperti itulah social media, dari namanya saja kita sudah memahami bahwa social media adalah tempat berkomunikasi, bisa lewat tulisan, gambar bahkan vidio. Lalu apa hubungannya dengan sebuah kata "promosi?"

Saat ini, untuk mendapatkan banyak audience, seseorang (bisa kelompok atau perusahaan) sudah mulai menggunakan media social untuk mempromosikan produk mereka, tentu saja tidak hanya promosi, bisa juga untuk berkomunikasi dengan para pendukungnya atau penggemarnya. Sebagai contohnya, kita bisa melihat sekelompok band, penyanyi atau artis yang memiliki akun social media seperti di facebook (FB), apa tujuannya? tujuannya adalah jelas, untuk menjaring para audience dan berkomunikasi dengan mereka, dan yang terpenting adalah mempromosikan produknya. Saat ini juga hampir seluruh pabrikan baik kendaraan, gadget, barang teknologi, jasa dan banyak lagi yang menggunakan social media sebagai alat berpromosi.

Lalu apa yang kita tunggu? saya kira social media adalah hal yang wajib di coba bagi siapapun yang ingin mempromosikan produknya secara cepat dan gratis, anda bisa membuat akun nya di manapun yang anda suka, bahkan bisa di semua layanan social media, sebagai contoh, jika anda ingin usaha pakaian, anda bisa membuat 3 akun social media secara sekaligus, di Facebook, Google Plus dan Twitter, setelah memiliki akun social media, anda bisa mulai mempromosikan produk usaha pakaian anda disana dengan menuliskan beberapa post (status), jangan lupa untuk memberikan gambar pakaian atau bahkan vidio jika memungkinkan.

Apakah social media itu cukup ampuh untuk berpromosi? tentu saja, saya bahkan sudah sering melihat banyak pengusaha yang menggunakan layanan ini dan terlihat sukses, mereka biasanya mencantumkan beberapa produk mereka dilayanan social media disertai dengan informasi produk dan gambar secara mendetail, sekarang apakah anda tidak tertarik?

Bagaimana supaya kita sukses berpromosi produk kita di social media? hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah, cantumkan segala informasi mengenai produk anda, jangan lupa berikan gambar dan vidio jika ada, setelah itu cantumkan alamat email, akun chat bahkan nomor telepon untuk memudahkan para calon pembeli menghubungi anda. Hal selanjutnya adalah mulai lah menjalin persahabatan dengan orang lain, semakin banyak teman atau fans anda, semakin besar pula kemungkinan promosi produk anda berhasil. Coba bayangkan jika anda sudah memiliki ratusan bahkan ribuan fans di akun social media milik anda, berapa orang yang tertarik melihat produk anda setelah anda mempromosikan sebuah produk anda kepada mereka? saya kira dari ratusan bahkan ribuan fans anda, ada beberapa orang yang setidaknya tertarik untuk melihat produk anda, hmm.. cukup mudah bukan?

Sekarang tidak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak menggunakan social media, dan saya kira ini adalah salah satu layanan yang wajib untuk anda manfaatkan. Sebenarnya, masih banyak layanan di internet yang memberikan sarana berpromosi seperti lewat sebuah blog, seperti blog keldaniaz ini, tetapi supaya bahasan tetap terpokus, saya kira sampai sini saja sudah cukup, saya akan mencoba membahasnya di waktu yang akan datang.

Hampir lupa, terima kasih kepada para pakar teknologi yang karenanya kita bisa berkomunikasi lewat sebuah alat yang sangat sederhana, handphone (HP). Tidak usah kuatir jika anda tidak memiliki sebuah komputer atau laptop untuk berinternet, karena dengan sebuah hp berfasilitas internet pun anda sudah bisa mempromosikan produk anda di layanan social media. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)