Kamis, 15 November 2012

5 Bisnis Rumahan - Mudah Dengan Modal Kecil

Bisnis atau usaha tidak hanya bisa dilakukan disebuah toko atau kita memiliki tempat strategis, sekarang dirumah pun bisa menjadi tempat yang cukup memadai untuk membuat usaha dengan cukup mudah dan tentu saja dengan modal yang relatif cukup kecil jika dibandingkan dengan jenis usaha lain. Pada kesempatan kali ini, Keldaniaz ingin memberikan beberapa ide bisnis rumahan yang cukup mudah dijalani, kelima bisnis ini memang sudah banyak bertebaran dimana-mana tetapi setidaknya kita bisa mencoba atau melihat ide ini sebagai peluang yang masih terbuka. Bagaimana dengan modalnya? tentu saja dengan modal yang cukup kecil supaya mudah untuk memulainya, saya kira dengan modal di bawah 10 juta bahkan di bawah 5 juta pun masih bisa kita mulai.

Melihat dampak dari perkembangan ekonomi dunia yang kurang begitu bersahabat, tampaknya sebagian orang mulai beralih dari seorang pekerja dan memulai menjadi seorang "business man", ini terlihat banyaknya pelaku UKM yang mulai terlihat. Penyebabnya tentu saja banyak, seperti gaji seorang pekerja yang segitu-gitu saja, bosan dengan rutinitas sehari-hari, ingin memiliki waktu luang yang banyak bersama keluarga, atau ingin membangun kerajaan bisnis sendiri.

Tidak ada yang besar tanpa sesuatu yang kecil, untuk itu tidak ada salahnya kita mencoba bisnis kecil-kecilan sebelum melangkah kedalam bisnis yang tergolang menengah keatas, toh banyak pengusaha sukses yang bermulai dari hal kecil bhukan? yuk kita lihat 5 bisnis rumahan ini sebagai awal kebangkitan kita semua menjadi seorang pengusaha.

Contoh bisnis rumahan : 5 Jenis usaha bermodal kecil dan bisa dimulai dari rumah

manfaatkan hp anda untuk jualan pulsa dari rumah
1. Bisnis jualan pulsa dari rumah

Apakah bisnis ini sudah basi? apakah bisnis ini sudah terlalu banyak saingan? ah saya kira tidak juga, dengan semakin banyaknya pengguna handphone, maka bisnis ini tampaknya masih sangat menarik bagi kita semua. Bagi anda yang ingin memulai bisnis ini, anda jangan khawatir dalam modal, karena dengan hanya modal di bawah 1 juta (bahkan hanya bermodal hp termurah dan uang deposit 50 ribu pun bisa), anda dapat memulai usaha rumahan ini. Ambilah contoh sederhana

Coba dengan modal satu juta saja yuks..
HP : anggap termurah ada yang berkisar 200 ribu
Deposit pulsa : 300.000
Kartu perdana : pasti sudah punya kan? masih gak punya? beli saja yang seharga 5000

Anggap dalam 1 hari minimal ada 20 pembeli, jadi satu bulan ada 600 transaksi, jika kita ambil keuntungan 500 / transaksi, maka kita bisa mendapatkan keuntungan bersih sekitar (Rp.500 x 600 transaksi = Rp. 300.000) hmm lumayan bukan? tentu saja ini bisa kurang ataupun lebih tergantung dari transaksi yang terjadi. Jangan lupa sediakan pula pulsa untuk sms transaksi anda, toh biaya sms sekarang sudah sangat murah. Mulailah dengan menjual pulsa kepada anggota keluarga, tetangga, teman atau kerabat, lama-lama mereka juga akan mulai terbiasa dengan membeli pulsa kepada anda, jika anda pandai promosi, saya kira keuntungannya bisa berlipat-lipat.

Sudah banyak contoh pengusaha penjual pulsa yang sukses dan kini giliran anda mencobanya, mulailah dari menjual pulsa elektrik, jika sudah ada modal yang lebih, anda bisa menempatkan konter di dekat rumah anda dan bisa menjual kartu perdana dan lain-lain.

2. Warung/toko kecil sederhana

Memang bisnis ini sekarang seperti jamur dimusim hujan, tetapi tetap saja bisa menguntungkan bagi para pelakunya. Modal untuk memulai toko atau warung kecilpun tergolong kecil, anda bisa memulai dengan menjual kebutuhan pokok seperti sabun, pasta gigi, shampo, telur, minyak goreng, dan lain-lain yang termasuk kedalam kebutuhan sehari-hari. Untuk memulai bisnis ini, anda harus pandai mencari distributor yang menjual dengan harga murah, taupun bisa memilih penjual dipasar dengan harga yang relatif lebih bersahabat bagi para reseller. Jika anda sudah memiliki tempat yang cukup, tidak perlu tempat yang besar untuk warung kecil, anda bisa mulai mempersiapkan semuannya seperti, barang dagangan atau etalase. Bagaimana dengan keuntungannya? saya pikir membuka warung kecil cukup untuk memberikan uang lebih bagi kantong anda, bahkan jika usaha ini sudah besar, anda bisa keluar dari tempat kerja anda.

3. Rental komputer, pengetikan dan print

Tidak semua orang bisa memulai usaha ini, tetapi setidaknya penggunaan komputer juga sudah mulai familiar dikalangan masyarakat. Untuk bisnis ini, anda memerlukan seperangkat komputer dan tentu saja sebuah printer. Anda bisa membeli sebuah komputer bekas seharga kurang dari 1,5 juta sepaket termasuk monitor bekas, dan kurang lebih 500 ribu - 700 ribu (harga sekarang) untuk sebuah printer baru.

Anda bisa saja membuka jasa percetakan foto, printer zaman sekarang sudah sangat murah dan mudah untuk menjalankan bisnis cetak foto sekaligus cetak dokumen. Untuk harga kertas, kertas ukuran A4 sekarang seharga kurang lebih 25 ribu sampai 30 ribu untuk 1 rim. Sekarang anda bisa memperhitungkan berapa modal untuk ini semua, tidak terlalu mahal bukan untuk menjalankan bisnis ini di rumah anda?

4. Binis cuci motor

Untuk yang satu ini saya kira semua orang bisa melakukannya, dengan mewabahnya sepeda motor yang berkeliaran, bisnis ini tampaknya cukup cerah seiring berkembangan dunia otomotif di indonesia. Jujur saya kurang familiar dengan peralatan dan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini, tetap jika saja lihat, orang-orang bisa menjalankan bisnis ini di depan rumah mereka dan dengan peralatan yang cukup sederhana (dan terlihat ber-modal kecil). Mulailah mencari informasi harga-harga untuk modal bisnis ini dan jangan malu untuk sekedar bertanya kepada para pelaku binis ini yang sudah berjalan.

5. Rumah jahit

Apakah anda mempunyai bakat menjahit? inilah kesempatan anda untuk mendapatkan uang dari rumah anda. Bisnis menjahit adalah satu satu binis segmented, atau hanya orang-orang tertentu yang bisa memulainya seperti binis pengetikan komputer. Tetapi bagaimana jika anda tidak memiliki keahlian di bisnis ini? cobalah ambil kursus menjahit sebagai modal awal anda, saya pernah melihat biaya kursus menjahit berada disekitaran harga 500rb-1,5 juta (di Bandung), tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau bagi kalangan bawah. Setelah anda memiliki keahlian menjahit, anda bisa memulai semuanya dengan membeli mesin jahit dan perlengkapannya. Dengan uang sekitar 5 juta, saya kira ini cukup untuk memulai binis pakaian jahit rumahan.

Bagaimana calon pengusaha sukses? apakah anda sudah memilih salah satu bisnis rumahan dari 5 jenis bisnis rumahan diatas? modalnya cukup kecil bukan?. Saya tahu tulisan diatas masih jauh dari kata lengkap, sebenarnya, masih banyak usaha dan ide bisnis yang lain di dunia ini seperti bisnis makanan ringan atau kering, tetapi seperti yang saya bilang semua, ini hanyalah sedikit informasi / ide bisnis rumahan saja dan semoga anda semua dapat mengambil manfaatnya. Oh ya bisnis atau usaha juga biasanya akan mudah berhasil/sukses jika sesuai dengan bakat atau minat anda. Saya senang jika anda dapat berbagi atau berdiskusi di halaman ini supaya kita bisa mengambil pelajaran bersama. Salam sukses.

3 komentar:

  1. Salam Kenal

    saya mau jual printer & kertas, dengan perincian :

    1. Epson T1100, tinta infus Dye, kondisi 90%, ada 2 unit (dus+cd masih lengkap)
    2. Kertas Artpaper, uk.A4, ada 50 rim
    3. Kertas HVS 80gr, uk.A4, ada 20 rim

    Harga Rp 15.000.000,- (nego)

    jual cepat.

    hubungi

    Handy
    handy_lips@yahoo.com

    BalasHapus
  2. bagus2 artikelnya... sangat informatif

    BalasHapus
  3. lumayan infonya,utk gambaran

    BalasHapus

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)