Jumat, 09 November 2012

Manfaat Teknologi Bagi Usaha atau Bisnis

Informasi seputar teknologi saat ini selalu kita temui setiap hari, baik itu lewat koran, internet atau dari sebuah blog seperti keldaniaz blog ini, tapi tahukah anda jika manfaat teknologi itu sendiri dapat membantu memperbesar dan membangun usaha atau bisnis kita semua?. Dalam era super cepat ini, pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang dapat menunjang kesuksesan kita dalam berbisnis, dalam dunia marketing, periklanan atau promosi adalah hal yang wajib yang harus diutamakan, lalu apa hubungannya dengan teknologi pada zaman sekarang ini.

Berapa lama anda menghabiskan waktu di depan komputer atau memegang handphone anda? pernahkan anda berpikir bahwa komputer atau handphone anda dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis anda?. Jika berbicara mengenai teknologi, kita tidak bisa lepas dari yang namanya Internet, saat ini saja, jumlah pemakai internet di Indonesia dan tentu saja di dunia semakin bertambah, hal ini dikarenakan kemajuan teknologi yang sangat cepat, inilah yang harus kita manfaatkan untuk kemajuan bisnis dan usaha kita.

Banyak sekali manfaat dari teknologi yang dapat kita rasakan, disini saya ingin memberikan beberapa informasi mengenai manfaat teknologi bagi usaha kita.
fans page keldaniaz di facebook - screenshoot

1. Komunikasi yang cepat

Untuk urusan yang satu ini, kita tidak lepas dari hal yang namanya media komunikasi seperti handphone atau Internet. Dulu ketika internet kurang begitu populer, media handphone sangat ampuh untuk berkomunikasi, tetapi handphone bukanlah satu-satunya alat yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi, sekarang media internet seperti e-mail, chat atau fans page seperti di Facebook atau Twitter mulai merambah dan menjadi alternatif yang sangat bagus untuk berkomunikasi dengan orang lain (konsumen) selain dari pada menggunakan handphone. Saat seorang pengusaha menjual produknya, biasanya dia akan berkomunikasi dengan sang pembeli, jika dulu cukup dengan sms atau telepon semuanya akan teratasi, sekarang, ini saja tidak cukup, terkadang kita juga membutuhkan hal lain seperti laporan penjualan. Untuk mengatasi hal ini, media internet seperi layanan Facebook, E-mail adalah jawaban yang praktis untuk kita semua.

2. Teknologi sebagai media promosi

Dulu, setiap kita yang akan membeli sebuah barang, akan mengunjungi toko si penjual dan melihat-lihat barang yang ada, tetapi sekarang zaman telah berubah. Banyak pengusaha atau seorang pembisnis yang melebarkan sayapkan melalui media online, selain terdapat fasilitas yang gratis, teknologi internet juga menawarkan tempat untuk mempromosikan barang kita semisal foto-foto barang kita, lokasi tempat usaha kita dan lain sebagainya, jadi sekarang seorang pembeli tidak usah jauh-jauh mengunjungi toko kita, cukup dengan melalui denganmedia online saja semuanya teratasi, mudah bukan?

3. Kecepatan bertransaksi

Pembayaran secara cash sekarang sudah mulai mendapat saingan, selain melakukan pembayaran melalui kartu kredit, teknologi sekarang juga menawarkan pembayaran secara online atau sering kita dengar dengan istilah online banking. Ketika seorang pembeli ingin memesan barang untuk bisnisnya, dia bisa melakukan pembayaran melalui media online, bisa melalui nomor hp nya, atau melaui internet, cepat, praktis dan tetap aman sepanjang mengikuti prosedur yang ada, menarik bukan?

4. Jangkauan pasar yang luas

Toko offline terkadang hanya memiliki pelanggan dari daerah atau tempat yang dekat dengan toko itu sendiri, ini kurang optimal jika melihat kondisi sekarang ini dimana pasar global sangat menarik untuk dicoba, setidaknya jangkauan nasional harus kita coba. Melaui teknologi, manfaat nya sangat terasa, sekarang tidak hanya langganan yang dekat saja yang dapat menjadi rekan bisnis kita, tetapi orang lain yang jauh dari tempat kita pun bisa menjadi calon konsumen yang potensial.

Sebenarnya, masih banyak manfaat teknologi bagi usaha dan bisnis kita, seperti manajemen waktu yang lebih longgar, tetapi setidaknya beberapa penjelasan diatas sudah cukup mewakili beberapa keutamaan teknologi bagi perkembangan bisnis kita. Bagaimana dengan anda? apakah anda sudah go online? silahkan mencoba dan semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)