Jumat, 30 November 2012

SMS Banking - Pengertian dan Manfaatnya

Apakah anda sudah mengenal SMS Banking? lalu apa sih manfaat dan pengertian dari SMS Banking ini, yuk cari tahu bersama. Layaknya sebuah teknologi, Bank-bank yang kini hadir di sekitar kita telah jauh berkembang, para pengelola Bank pun berlomba-lomba untuk memberikan banyak kemudahan bagi para nasabahnya. Salah satu fasilitas dari sebuah Bank yang kini mulai marak digunakan adalah layanan SMS Banking, apa sih SMS Banking itu?. Layanan SMS BAnking dapat kita temui di sejumlah Bank di Indonesia seperti Bank BCA, Mandiri, BRI, BNI dan tentu saja masih banyak Bank yang lainnya.

SMS Banking
SMS Banking: Gambar : BCA.co.id
Secara sederhana, SMS Banking adalah salah satu fitur teknologi yang berupa layanan bagi nasabah bank, yang mengijinkan para nasabah untuk mengakses akun bank mereka melalui fitur SMS. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh SMS Banking ini, salah satu yang paling banyak digunakan adalah layanan cek saldo rekening dan transfer dana. Mudah dan sangat sederhana, itulah kelebihan dari SMS Banking, untuk dapat menggunakan layanan ini, biasanya kita harus mengikuti persyaratan tertentu tergantung dari Bank yang akan kita pakai.

Setelah kita mendapatkan layanan SMS Banking, biasanya kita diberikan cara atau instruksi untuk menggunakannya, ini juga bisa saja berbeda-beda antara Bank yang satu dengan Bank yang lainnya. Biasanya, kita dapat mengakses layanan ini melaui dua cara, bisa melalui mengirimkan SMS atau melalui sebuah Menu (dijelaskan oleh pihak Bank) melalui mengakses sebuah nomor tertentu pada sebuah handphone, biaya SMS Banking juga berbeda beda, ada yang sekitar RP.500/SMS dan yang lainnya, dan yang terpenting adalah anda harus sudah yakin bahwa nomor hp anda telah didaftarkan sebelumnya.

Kartu provider apa saja dan HP jenis apa saja, itulah mudahnya SMS banking, asalkan handphone kita bisa melakukan transaksi SMS, sepertinya kita sudah bisa menikmati layanan SMS Banking, kapan saja dan diaman saja, mudah bukan?.

Apakah saya telah menggunakan SMS Banking?, jujur sebenarnya saya telah terdaftar disalah satu Bank di tempat saya, tetapi pemiliki blog ini belum pernah mencoba melakukan transaksi melalui SMS Banking karena kebanyakan menggunakan Internet Banking, lha apa itu Internet Banking? mungkin di artikel selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan hal ini kepada anda semua.

Layanan apa saja yang ditawarkan oleh SMS Banking? sebenarnya cukup banyak, mungkin ini diantara manfaatnya:
  • Transfer Uang/Dana
  • Cek Saldo Rekening Tabungan
  • Informasi Tagihan, Transaksi
  • Pembayaran atas Pembelian
  • Ganti PIN, dan lain lain
Cukup komplit bukan? manfaat dari SMS Banking sungguh sangat besar bagi kita semua, anda bisa membayar tagihan listrik, telepon, asuransi dan lainnya melaui layanan SMS Banking ini. Sepertinya, layanan SMS Banking sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati kemudahan dalam bertransaksi Bank, sebagai contohnya adalah anda kini tidak perlu ke ATM hanya untuk mengecek saldo di Bank anda, gunakan saja SMS Banking dan anda akan mendapatkan segala informasi yang anda butuhkan. Jika anda adalah seorang pengusaha, anda tentu pernah merasakan sibuknya proses transfer ke sejumlah klien anda bukan?, anda juga mungkin kesulitan untuk mengecek sejumlah transaksi ke Bank anda seperti pengiriman uang dari para konsumen anda, nah sekarang tidak perlu repot pergi ke ATM, SMS Banking adalah salah satu layanan yang cukup bisa diandalalkan untuk menangani beberapa hal seperti tadi, ini menarik bagi kita semua.

Bagaimana? apakah anda sudah tertarik untuk menggunakan layanan SMS Banking? jujur jika seandainya saya tidak sering onling di Internet, mungking SMS Banking adalah layanan dari Bank yang paling sering saya gunakan. Bagaimana dengan anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)