Selasa, 27 November 2012

Pentingnya Belajar Komputer Bagi Anak-Anak

Beberapa tahun yang lalu, penggunaan komputer mungkin tidak seramai pada saat ini, tetapi semenjak perkembangnya ilmu dan teknologi, komputer sekarang menjadi salah satu barang yang setidaknya wajib ada di ruangan kita. Lalu apa manfaatnya belajar komputer bagi anak-anak?, jelas manfaatnya akan anak anda rasakan di kemudian hari, dimana semua hal yang berhubungan dengan sekolah, sekarang terkadang selalu membutuhkan sebuah barang yang disebut dengan komputer. Biasanya, untuk keperluan sekolah dan poendidikan, komputer selalu berhubungan dengan internet, entah itu untuk mencari bahan untuk keperluan tugas anak anda ataupun yang lainnya. Penggunaan internet di Indonesia sudah sangat umum, jadi bagi anda yang ingin menggunakan layanan internet secara maksimal, anda setidaknya harus memiliki sebuah perangkat komputer, bisa juga dengan sebuah laptop, meskipun kita bisa menggunakan sebuah hp untuk berinternet, tetapi saya pikir komputer jauh lebih bermanfaat bagi kita.

Ada beberapa hal yang setidaknya menjadi alasan kuat bagi anda untuk mengajarkan komputer kepada anak anda, hampir seperti belajar bahasa inggris, belajar komputer juga menjadi hal yang wajib di ikuti oleh anak-anak pada saat ini. Disini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai hal ini.

Apakah penting seorang anak bisa menggunakan komputer?

komputer keyboard
Penting!! bahkan sangat penting, anak-anak adalah generasi penerus kita yang pasti akan menghadapi zaman yang lebih modern dari saat ini, nah unntuk membekali anak anda supaya tidak "kuper", berikanlah ilmu komputer kepadanya semenjak dini.

1. Belajar komputer untuk membantu anak di sekolah
Berapa banyak tugas yang harus diselesaikan oleh anak anda setiap minggunya?, lalu ketika dia bertanya soal pelajaran sekolah kepada anda, kemudian anda tidak dapat membantunya, maka kemana dia akan meminta bantuan?. Internet, yah internet merupakan gudang ilmu yang hampir tidak terbatas, jutaan website ataupun blog menawarkan banyak ilmu kepada kita semua, tentu saja ini sangat bermanfaat bagi anak-anak anda, dia bisa mulai mencari berbagai macam hal yang berhubungan dengan pelajaran sekolahnya melewati sarana internet ini.

Permasalahannya mungkin akan menjadi rumit jika anak anda tidak bisa menggunakan komputer, dan tentu saja dia tidak bisa menggunakan internet, lalu apakah anda masih enggan memberikan imu pengetahuan tentang komputer kepada anak anda? belajar komputer itu mudah, yang harus anda ajarkan kepada anak anda tentang komputer bisa dimulai dengan hal-hal kecil, seperti menggambar di komputer, mengetik di Word Processors, bermain game dan lain-lain. Ini semua supaya anak anda merasa nyaman dulu dengan alat yang namanya komputer.

2. Jika anak anda bisa menggunakan komputer, dia bisa membantu anda!!
Contoh kecilnya adalah seorang pekerja kantoran, biasanya mereka akan membawa tugas pekerjaannya ke rumah, nah jika anda merasa cape untuk mengerjakannya, anda bisa meminta bantuan kepada anak anda!!, tentu saja kita bisa meminta bantuan dalam hal-hal kecil seperti mengetik di komputer, mengedit gambar dan lain-lain. Belajar komputer bagi anak sungguh sangat bermanfaat, bahkan jika anak anda sudah mahir menggunakan komputer, anda bisa meminta bantuan kepada anak anda setiap kali anda mendapat banyak kerjaan yang harus di bawa kerumah,.. asyik kan?.

3. Ilmu komputer sebagai investasi bagi anak-anak!!
Banyak sekali hal yang berhubungan dengan sebuah komputer, bisa internet, program, perangkat keras, bisnis dan lain-lain. Jika anak anda sudah mahir menggunakan komputer, anda bisa mengarahkan anak anda, kemana dia akan berjalan, misalkan, jika anak anda sudah terlihat suka mengotak-atik perangkat komputer, anda bisa memberikan les hardware kepada mereka. Manfaatnya jelas besar, selain mereka akan bisa membetulkan komputer yang rusak, mereka juga telah memiliki ilmu ini sebagai investasi dimasa depan.

Bagaimana jika anak anda lebih suka memainkan program di komputer? sama saja, bahkan saya pernah melihat anak kecil, orang indonesia tentunya yang telah berhasil membuat banyak game komputer bahkan anti virus!!, inilah investasi yang berharga jika anda memberikan banyak pelajaran tentang komputer kepada anak anda.

Dari ketiga poin diatas, kini setidaknya anda telah mengetahui manfaat belajar komputer bagi anak-anak, masih banyak sebenarnya manfaat dari pentingnya belajar komputer bagi anak-anak, tetapi saya pikir ketiga poin di aatas sudah mewakili beberapa hal penting yang harus kita ketahui bersama. Nah sekarang saya ingin bertanya, apakah anda telah memberikan ilmu tentang komputer kepada andak anda? jangan sampai terlambat yah. Salam hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)