Senin, 19 November 2012

Mengapa Harus Belajar Bahasa Inggris?

Mengapa kita harus belajar bahasa Inggris? lalu apa sih manfaat bahasa Inggris dan bagaimana cara yang paling mudah untuk belajar bahasa Inggris?. Itulah pertanyaan-pertanyaan yang akan kita coba jawab dan kita diskusikan bersama pada kesempatan kali ini, mari kita mulai.

Bagaimanapun juga, bahasa Inggris tetaplah menjadi salah satu bahasa yang sangat banyak digunakan di dunia, bahasa ini seharusnya kita pelajari dan kita pahami sejak dini, ini karena banyak hal-hal yang terkait dengan bahasa Inggris itu sendiri. Banyak hal yang sangat tergantung kepada kemampuan kita dalam berbahasa Inggris seperti dalam hal bisnis, pendidikan, komunikasi dan lain-lain. Untuki lebih mudah dipahami, marilah kita ambil beberapa contoh hal penting dimana bahasa inggris sangat berperan disini.

Kita mulai dari hal sederhana, bernyanyi, yah bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang digemari oleh semua orang, baik itu lagu lokal ataupun lagu luar negeri yang tentu saja menggunakan bahasa Inggris. Bayangkan jika saat seorang anak sma bernyanyi-nyanyi dikantin sekolah dengan menyanyikan lagu bahasa Inggris, lalu bagaimana jika teman sekelasnya yang pintar dalam pelajaran bahasa Inggris dan juga guru bahasa Inggrisnya juga sedang berkunjung kantin? yang jelas orang yang paham bahasa Inggris akan mengerti lagu apa yang mereka dengar, semuanya akan baik-baik saja jika lirik lagu dalam bahasa Inggris yang dinyanyikan anak itu memang benar, tetapi bagaimana jika salah? tentu saja mereka akan mentertawakan sang penyanyi, karena meskipun pengucapannya hampir sama, setiap kata dalam bahasa Inggris tetap saja memiliki arti yang berbeda, jangan sampai anda mengucapakan kasur dengan kata "Bad" dan kata nakal dengan "Bed", jangan sampai anda dipermalukan seperti ini.

suasana belajar mengajar
Gambar : gondwanaland.com

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu hadir di daftar pelajaran anak SLTP, SLTA bahkan sampai kuliah, ini dikarenakan pentingnya bahasa Inggris untuk dipelajari dan dipahami. Kemampuan bahasa Inggris juga sangat membantu komunikasi bagi seorang siswa yang mendapatkan beasiswa sekolah keluarga negeri, kita tidak mungkin menggunakan bahasa daerah di luar sana bukan? disinalah anda akan membutuhkan kemampuan bahasa Inggris, buat yang ingin sekolah keluarga negeri terutama ke negara-negara Eropa, sekarang anda tidak punya alasan lagi untuk tidak belajar bahasa Inggris bukan?

ruangan di kampus harvard?
Foto oleh : Steve Rosenthal (harvard.edu)
Sebagai salah seorang mantan anak sekolah, saya juga dulu sering mendapatkan buku berbahasa Inggris yang cukup tebal dan berat jika saya bawa. Buku sekolah dalam bahasa Inggris itu biasanya diberikan oleh guru/dosen kita sebagai bahan referensi mata pelajaran yang kita ambill, nah bagaimana jika anda sangat buta dengan bahasa Inggris? apakah anda bisa mendapatkan ilmu dari sana? atau buku itu hanya akan menjadi pajangan dikamar anda saja?.. jangan sampai deh yah. Disini saja kita sudah tidak bisa lebah dalam hal kemampuan berbahasa Inggris, saya menyarankan, jika anda sudah memasuki bangku kuliah, sebaiknya anda harus belajar bahasa Inggris secara serius, karena bahasa Inggris juga bisa menjadi salah satu modal yang kuat untuk menggapai tempat disebuah perusaahn ketika anda lulus nanti, kemampuan bahasa Inggris ini juga akan membantu anda dalam memanfaatkan kesempatan beasiswa kelak.

Sekarang mari kita lihat kepada aspek bisnis dan usaha. Banyak orang sukses dalam bisnisnya, baik itu bisnis dengan pasar lokal, nasional sampai internasional, untuk yang lokal dan nasional kita masih bisa menggunakan bahasa Indonesia, tetapi bagaimana untuk pasar internasional? kita tidak mungkin menggunakan bahasa Indonesia dengan orang bule kan? nah disinilah penting dan manfaatnya belajar bahasa Inggris, bahasa Inggris berperan dalam dunia bisnis anda sebagai salah satu modal penting untuk mencapai kesuksesan. Yang terpenting dalam berbisnis dengan orang luar negeri adalah anda jangan sampai anda menawarkan barang anda kepada orang luar negeri sana dengan bahasa lokal, ataupun anda yang menawar barang mereka dengan harga rupiah, tidak lucu bukan jika anda sudah sukses memasarkan barang keluar negeri tetapi tidak bisa berbahasa Inggris?, meskipun anda dapat menyewa pegawai tetapi setidaknya anda harus mengerti bahasa Inggris sebagai modal untuk lebih sukses lagi.

komunikasi dengan bule menggunakan bahasa Inggris
Foto : fotopedia.com
Mengapa kita harus belajar bahasa Inggris : karena bahasa Inggris akan sering kita jumpai dikehidupan kita, di dunia sehari-hari, pendidikan, dunia bisnis, dan lain-lain. Manfaatnya apa? tentu saja sebagai jembatan komunikasi bagi kita dan orang lain, bahasa inggris juga membantu kita memahami beberapa ilmu lain yang hadir dalam format bahasa inggris seperti buku-buku pelajaran bahasa inggris. Bagaimana cara yang mudah untuk bahasa inggris? menurut saya, tidak ada yang mudah dalam bahasa inggris, semuanya butuh waktu dan keseriusan kita. Untuk memudahkan kita dalam pemahaman bahasa inggris, sebaiknya anda sering sering menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari hari, semuanya akan terasa mudah jika kita terbiasa, maka pakailah bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari anda. Apakah anda sudah siap berbicara dalam bahasa Inggris? semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)