Selasa, 20 November 2012

Pilih Motor Atau Mobil? Lihat Kebutuhan Anda

Apakah anda sedang berencana membeli sebuah kendaraan? apa yang akan anda beli, motor atau mobil? lalu apa alasan anda membeli kendaraan tersebut? apa kebutuhan utama anda? mari kita lihat bersama tips-tips nya supaya tidak salah menentukan pilihan. Saat ini, meskipun jalanan semakin macet, tetapi masih banyak orang yang meggunakan mobilnya untuk mengantarkan mereka ketempat tujuannya, bagaimana jika mereka menggunakan sebuah motor? tentu saja itu akan banyak menghemat waktu dan terlihat lebih baik, tetapi tentu saja semua ada kelebihan dan kekurangannya. Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah harga dari kendaraan itu sendiri, seperti yang kita tahu, harga sebuah mobil bisa berkali-kali lipat dari harga sebuah motor, nah inilah yang harus anda pikirkan sebelum anda membeli sebuah kendaraan baru ataupun kendaraan bekas.

Sebenarnya, banyak hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli sebuah kendaraan, entah itu mobil atau motor, contoh jika anda adalah saeorang pengusaha atau pembisnis, anda pasti membutuhkan sebuah alat transportasi yang dapat membantu anda dalam menjalankan bisnis anda, baik itu untuk alat bantu transportasi bisnis maupun hanya sebagai alat transportasi biasa, disini saya akan memberikan dan membagi nya menjadi 3 tujuan umum, kebutuhan untuk bisnis/usaha, keluarga, atau pribadi.

Mobil Suzuki Carry
Gambar : suzuki.co.id
1. Mobil dan Motor : Membantu Usaha/Bisnis Anda

Pernahkan anda memesan makanan dan diantarkan oleh seseorang pengantar delivery? coba anda perhatikan, kendaraan apa yang mereka pakai? motor atau mobil? kebanyakan adalah motor. Lalu coba perhatikan setiap pengantar furniture, apakah mereka menggunakan motor? tentu saja tidak, mereka harus mengantarkannya menggunakan mobil karena tentu saja jika menggunakan motor mereka tidak akan bisa membawanya, jenis mobilpun biasanya adalah sebuah mobil PickUp yang dapat memuat banyak barang.

Pehatikan kedua contoh diatas, pilihlah sebuah mobil yang benar-benar anda butuhkan, untuk kendaraan bisnis seperti furniture atau elektronika (penjual TV misal), mereka sebaiknya menggunakan mobil jenis Pick-Up, ini supaya mereka dapat dengan mudah mengantarkan dagangannya kepada konsumennya. Memang tidak semua usaha membutuhkan mobil seperti ini, bisa saja anda menggunakan mobil keluarga seperti Avanza untuk menjual pakaian ataupun menjual es cream berjalan (saya pernah melihat penjual es cream menggunakan mobil jenis ini).

Sedangkan pada contoh pertama, motor memberikan banyak kelebihan semisal kecepatan waktu, praktis, mudah dikendarai, hemat bahan bakar dan lain-lain. Sedangkan mobil memiliki kelebihan seperti kenyamanan, tahan hujan, dan dapat memuat banyak barang/muatan. Jika anda membutuhkan kecepatan dalam berbisnis, motor tak bisa dikalahkan oleh sebuah mobil dalam hal membelah kemacetan dan kecepatan, tetapi jika anda membutuhkan kendaraan yang dapat memuat banyak barang, mobil adalah jawabannya. simpel bukan?

Interior Suzuki Ertiga - Salah satu jenis mobil keluarga
Kapasitas Mobil: suzuki.co.id
2. Mobil adalah pilihan yang terbaik bagi Keluarga

Tak bisa dipungkiri, sebuah kendaraan sangat dibutuhkan oleh sebuah keluarga, ini tidak bisa dipungkiri mengingat sebuah keluarga biasanya terdiri dari beberapa orang semisal ayah, ibu, dan beberapa anak, anggap saja tiga. Jika anda ingin membeli sebuah kendaraan untuk keluarga, mobil adalah pilihan yang tidak bisa dihapus dari daftar utama, selain memberikan banyak ruang untuk seluruh anggota keluarga, mobil juga memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih jika dibandingkan dengan sebuah motor. Tentang memilih mobil keluarga anda dapat membacanya di halaman ini.

motor Honda CBR250R repsol
motor Honda CBR250R repsol
3. Kebutuhan Pribadi, Motor atau Mobil?

Ini sangat tergantung dari gaya anda sendiri, saya sering menemukan orang yang sangat mencintai sepeda motor, selain memberikan banyak keuntungan seperti kecepatan waktu, mudah perawatan, model yang banyak, atau pun harga yang relatif murah, motor juga biasanya sangat mudah untuk di dapatkan, bandingkan jika anda ingin membeli sebuah mobil, selain uang yang harus disiapkan lebih banyak, anda juga harus siap-siap mengeluarkan biaya yang cukup "wah" untuk sebuah mobil. Memang semua tergantung dengan jenis mobil itu sendiri, motorpun sama, jika motor biasa seperti motor otomatis atau bebek lebih mengutamakan efisiensi, motor premium lebih mengutamakan gaya dan identitas diri.

Untuk memilih sebuah mobil, saya cenderung merekomendasikan mobil City Car seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, dan lain-lain, dan biasanya mobil untuk kebutuhan pribadi sangat berkaitan erat dengan hal yang namanya model, karena mobil pribadi cenderung berkaitan dengan selera setiap orang. Bagaimana jika ingin membeli mobil bekas yang murah? ini tidak salah, anda bisa memilih mobil apapuin sesuai dengan selera anda dan kebutuhan anda.

Kesimpulannya adalah, apapun yang anda rencanakan, pastikan semuanya memenuhi kebutuhan anda, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sebagai contoh, sebuah rumah usaha pun tidak selamanya membutuhkan sebuah mobil, bisa saja mereka membutuhkan sebuah motor kecil, terkadang sebuah motor lebih dibutuhkan dari pada sebuah mobil karena waktu adalah hal yang mereka utamakan.

Pilih mobil jika : Anda seorang pemilik bisnis yang membutuhkan kendaraan untuk membawa barang anda, atau anda seorang kepala keluarga yang membutuhkan kendaraan untuk keluarga.

Pilih motor jika : Anda membutuhkan kendaraan yang dapat memberikan banyak penghematan waktu usaha anda, mudah perawatan, murah dan mudah dikendarai. Anda juga bisa membeli sebuah motor jika anda seorang pecinta kendaraan roda dua begitu pula sebaliknya.

Bagaimana? apakah anda sudah menentukan pilihan? pilihlah sesuai dengan kebutuhan, dan pastikan anda dapat membiayai kendaraan anda untuk kegiatan sehari-hari. Selamat memilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)