Senin, 12 November 2012

Tips Memilih Mobil Untuk Keluarga

Saat seseorang telah berkeluarga, maka dia akan memerlukan sebuah kendaraan yang mampu membawa anggota keluarganya, jawaban untuk itu adalah membeli sebuah mobil yang pas untuk keluarga. Mobil seperti ini cukup banyak dipasaran, bahkan hampir setiap pabrikan mobil biasanya memberikan produk mobil berlabel "mobil keluarga" dijajaran produknya, tetapi bagaimana menentukan mobil yang cocok untuk keluarga?

Sulit tetapi mudah jika kita sudah menentukan beberapa point yang harus dipenuhi. Misal kita menginginkan mobil yang mampu memuat 8 orang anggota keluarga, dan memiliki harga di bawah 200 juta. Setelah kita menentukan beberapa point utama, biasanya kita akan mudah untuk menentukannya dan memiliki gambaran tentang mobil seperti apa yang akan mereka pilih.

Saat ini, mobil berlabel mobil keluarga sangat banyak dipasaran, baik itu dari Toyota, Daihatsu, Suzuki, Nissan dan lain-lain, nah dibawah ini saya akan memberikan sedikit tips memilih mobil keluarga yang mungkin bermanfaat bagi anda semua.

Mobil new Avanza
1. Sesuaikan dengan dana yang tersedia

Setelah kita memutuskan untuk membeli sebuah mobil, maka hal pertama yang harus kita perhatikan adalah alokasi dana yang tersedia. Jika anda mempunyai cukup dana dan berminat untuk membeli sebuah mobil baru, maka anda harus menghitung kembali anggaran bulanan keluarga anda, tips nya jangan sampai uang untuk membeli mobil itu berpengaruh terhadap kebutuhan primer anda, ini tidak masalah jika anda memang sudah memiliki dana khusus, misal anda berencana membeli secara kontan/cash, tetapi ini akan menjadi masalah jika anda ingin meminang sebuah mobil melalui jalan kredit. Bijaknya anda bisa mengalokasikan dana khususu untuk cicilan mobil anda, dan jangan sampai mengambil dari dana yang biasanya digunakan untuk kebutuhan lain.

Alokasikan dana yang dibutuhkan, tentukan cara pembeliannya, dan pastikan dana untuk membeli mobil itu tidak mengganggu dana untuk memenuhi kebutuhan anda. Jika ingin membeli secara kredit, pastikan cicilan bulannanya sudah tersedia dan terjamin, disinilah pentingnya manajemen keuangan bagi rencana anda.

2. Pilihlan mobil yang mampu memuat banyak anggota keluarga

Ini adalah hal yang sangat penting dalam memilih mobil untuk keperluan keluarga, jika anda hanya mempunya 2 anak, saya pikir sebuah city car seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, atau bahkan sebuah mobil sedan pun sepertinya sudah cukup. Tetapi bagaimana jika anda adalah sebuah keluarga besar dan memiliki banyak anak dan memiliki beberapa pembantu? disaat anda akan bertamasya dan membawa semua orang di rumah anda termasuk para pekerja anda, anda akan sangat membutuhkan mobil yang cukup luas untuk memenuhi kebutuhan ini. Tipe mobil seperti ini sudah tersedia di pasaran, tinggal mencocokan saya sesuai dengan keinginan kita, contohnya Toyota Avanza yang sudah terkenal dan sangat laris dipasaran, Daihatsu Xenia, Suzuki APV ataupun Nissan Grand Livina.

Jika saya menjadi anda, saya akan memilih mobil seperti tipe ini, karena selain berharga relatif murah, mobil ini juga sangat bermanfaat bagi keluarga besar.

3. Pilih berdasarkan selera anda !!

Avanza - salah satu mobil keluarga
Ini adalah hal yang berhubungan dengan kepuasan, misalkan anda mencintai mobil A dan telah memenuhi kriteria kebutuhan anda, tetapi setelah berbincang dengan orang lain, anda terpengaruh dan memilih mobil B. Tidak jarang pembeli seperti ini akan merasa kecewa dan hatinya tetap ke mobil A. Memang pendapat orang lain adalah hal yang harus dipertimbangkan, setidaknya ambilah positifnya dan buang negatifnya, tetapi bagaimana pun membeli sebuah barang termasuk mobil adalah hal yang menyangkut kepuasan batin, saya harap anda mengerti akan hal ini.

4. Pelajari biaya servis dan suku cadang

Hal ini sangat penting untuk dipelajari, biaya perawatan mobil bisa menjadi ancaman bagi anda yang tidak memperhatikan hal ini sebelumnya, untuk menangai masalah ini supaya tidak mengganggu anda, pastikan anda mengetahui rincian biaya perawatan termasuk biaya servis dan biaya penggantian suku cadang. Pastikan semuanya dapat anda penuhi dikemudian hari.

Itulah beberapa hal kecil sebagai tips untuk memilih mobil keluarga anda, masih banyak hal lain sebenarnya seperti masalah kenyamanan, dan jenis mobil itu sendiri (seperti mobil bertransmisi manual atau otomatis), jangan lupa untuk memilih mobil setidaknya berkapasitas mesin 1300cc ke atas karena biasanya mobil yang berkapasitas di bawah 1300cc kurang bertenaga jika dibawa berkendara jarak jauh bersama kelurga besar anda. Bagaimana? apakah anda sudah mempunyai gambaran mobil seperti apa yang cocok untuk kebutuhan keluarga anda? selamat berburu dan semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)