Jumat, 09 November 2012

Tips Memilih Handphone - Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Jika anda saat ini berniat untuk membeli sebuah handphone, alangkah bijaknya jika anda membaca tips memilih handphone berikut ini, harap di ingat, sesuaikanlah handphone (HP) yang anda pilih supaya sesuai dengan kebutuhan anda.

Mungkin sebagian dari kita sering mendapat pertanyaan "berapa nomor handphone kamu?", pertanyaan seperti ini sudah lumrah kita dengar dan mungkin sudah menjadi kebiasaan umum, tetapi itu dulu, sekarang handphone bukan hanya berkutat dengan nomor telepon saja,tetapi menyangkut beberapa hal lain sejalan dengan kemajuan dari fasilitas handphone itu sendiri. Saat ini pertanyaan yang berhubungan dengan handphone semakin bervariasi, dan anda akan mendapatkan pertanyaan lain semisal "berapa nomor PIN BB kamu?" atau "mana alamat email kamu?",

Ada beberapa tips yang ingin saya sampaikan, setidaknya beberapa hal ini dapat membantu anda dalam memutuskan handphone mana yang pas dan layak untuk anda beli.

HP untuk kebutuhan biasa / standar

Nokia Asha 202
Untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, handphone termurahpun sebenarnya sudah cukup untuk kita, dengan adanya fasilitas "call" dan sms semua kebutuhan kita akan terpenuhi sepanjang kita tidak memerlukan hal lain semisal chat atau email. Nah, sekarang coba anda tanyakan kepada diri anda sendiri, apakah dengan fasilitas call dan sms sudah mencukupi? jika jawabanya sudah, berarti anda sudah siap membeli handphone. Pilihlah handphone biasa tanpa operating system semisal HP ber OS Android atau Windows karena biasanya HP seperti ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding handphone biasa. Untuk merek saya tidak bisa merekomendasikan kepada anda, baik handphone cina, lokal ataupun merek terkenal semuanya tergantung anda dan uang anda. HP seperti ini biasanya hanya memiliki fasilitas radio, musik, camera standar, layar yang kecil tetapi memiliki kelebihan semisal baterai yang cukup awet.


HP untuk kebutuhan Internet atau hiburan standar

hp samsung galaxy pocket
Tipe HP untuk kebutuhan internet saat ini bisa dibilang menjadi hal yang wajib "dicoba" oleh setiap orang untuk mengikuti zaman modern seperti saat ini, apalagi jika anda seseorang yang mobile yang tentu membutuhkan kecepatan berkomunikasi disamping melalui telepon atau sms. Dulu, penggunakan mobile internet sangat jarang digunakan, tetapi setelah beberapa tahun berjalan, kemajuan internet dan teknologi handphone sungguh sangat besar di Indonesia dan di dunia, ini berdampak bagi para penggunanya yang kini membutuhkan fasilitas "internet connection" lebih dari kebutuhan standar semisal sms.

Tips memilih handphone internet adalah perhatikan kebutuhan internet anda, jika anda hanya menggunakannya sesekali saja, dengan uang 1 juta pun anda dapat mendapatkan handphone berfasilitas internet yang cukup lengkap. Untuk jenis HP nya, itu tergantung anda sendiri apakah anda menyukai hp ber-sistem operasi atau tidak, atau berkamera atau tidak itu tergantung kebutuhan anda. Tetapi hal utama yang harus anda perhatikan adalah pilihlah handphone yang setidaknya memiliki fasilitas 3G untuk GSM atau EVDO untuk tipe CDMA, ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan kenyamanan anda saat berinternet menggunakan hp anda. HP tipe seperti ini juga sudah memiliki kemampuan hiburan yang cukup semisal kamera 1.3 MP, 2GB memori, layar yang cukup lebar dan lain-lain. ambilah contoh dari hp Samsung Galaxy Pocket, hp ini memiliki spesifikasi seperti Android Gingerbread di OS, 832MHz untuk kecepatan processornya, HSDPA, Wi-Fi, kamera 2MP, dan 3GB internal memory. HP internet juga biasanya memiliki nilai yang lebih semisal dapat memainkan game HD atau memainkan film HD di layar handphonenya (meskipun tidak semuanya).

Jika anda membutuhkan HP seperti ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak, dengan rentang harga 1juta-2juta saja, anda akan dapat menemukan HP jenis dari berbagai merek.

Kebutuhan multimedia

hp samsung galaxy s3
Untuk tipe handphone seperti ini, kita harus mengeluarkan uang ekstra, biasanya hp multimedia kelas premium memiliki banyak fasilitas high-tech seperti full touchscreen, HSDPA, kamera beresolusi tinggi, kemampuan memutar video HD, memainkan game HD dengan lancar, layar lebar dan lain-lain. Untuk masalah harga biasanya berada diatas 3 juta bahkan lebih. Kita ambil saja sebuah hp Android berkode Galaxy S3, HP ini adalah handphone yang syarat akan fasilitas premium, dengan dukungan sistem operasi yang mumpuni, Galaxy S3 (III) menawarkan banyak kelebihan. Bagaimana tidak, Galaxy S3 berspesifikasi sangat menggiurkan seperti 1,4 Ghz Quad-Core processor, layar HD super AMOLED, Android 4.0 (ICS) Ice Cream Sandwich, kamera 8 Megapixels !! disertai LED, dan ruang penyimpanan yang lapang berkisar 16GB,32GB atau 64GB.

Jadi jika anda menginginkan handphone kelas atas yang syarat dengan spesifikasi yang tinggi, hp tipe seperti ini adalah pilihan yang tepat. Perhatikan kebutuhan anda, sesuaikan jenis hp dengan kebutuhan anda, HP seperti ini saya pikir sangat bermanfaat bagi pekerja kantoran atau pelajar untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya seperti mengedit dokument melalui hp dan lain sebagainya. Jangan buang uang anda percuma kecuali anda memang sudah mengincar hp ini dengan uang yang sudah tersedia sebelumnya.

Itulah beberapa tipe handphone yang bisa anda pilih, harap di ingat, belilah sesuai dengan kebutuhan anda, jangan sampai anda membeli hp yang tidak bisa memenuhi kebutuhan anda, sebagai contoh anda mempunyai 2 kartu dan tidak ingin membawa 2 hp, maka anda bisa memiliki hp yang berfasilitas Dual-SIM card.

Silahkan berkomentar, saya senang jika ada pertanyaan dan sebisa mungkin akan saya coba jawab. Selamat berburu handphone baru!.

1 komentar:

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)