Rabu, 07 November 2012

Tujuan Pendidikan - Manfaat dan Keutamaannya

Reading
Pendidikan di mulai dari membaca : Foto oleh Alan Cleaver
Sebagai seorang manusia, kita tidak bisa lepas dari yang namanya pendidikan, entah itu pendidikan formal atau bukan, pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi setiap individu. Sudah menjadi fitrahnya manusia memiliki sifat ingin mengetahui sesuatu, bahkan sejak kecil, seseorang memiliki sifat ini dan ingin mengetahui apapun yang mereka temui. Untuk itu, kita perlu mengenal lebih jauh "apa sih tujuan pendidikan? apa manfaat dan keutamaannya pendidikan bagi kita semua?".

Bagi sebagian orang, pendidikian merupakan hal yang paling utama yang harus mereka lalui, bahkan semenjak seseorang berumur 6 tahun atau kurang, mereka sudah mulai memasuki dunia pendidikan formal. Berapa lama pendidikan resmi yang harus kita jalani? ini tergantung dari kemampuan seseorang menjalaninya, ada yang sampai umur 20-an, 30-an bahkan lebih, kesempatan dan keinginan seseorang sangat berperan dalam hal ini.


Tujuan pendidikan sangat beragam, tergantung dari pribadi masing-masing, ada yang bertujuan untuk menambah ilmu, untuk modal pekerjaan, bahkan ada yang bertujuan hanya sebagai syarat sebagai bagian dari keluarga besar berpendidikan tinggi. Untuk itu saya akan mengkategorika tujuan dari pendidikan kepada 3 hal, tujuan pendidikan untuk kepentingan pribadi, keluarga, dan negara (bahkan dunia).

Tujuan Pendidikan Untuk Pribadi

Saat anda beranjak dewasa, anda akan dihadapkan banyak hal yang menyangkut pendidikan seperti pekerjaan dan berkeluarga. Saat tulisan ini ditulis oleh Keldaniaz, dunia bisnis atau pekerjaan sungguh sangat ketat dimana syarat memasuki dunia pekerjaan sangat berat bagi sebagian orang. Saat ini, bagi seorang pribadi yang ingin memasuki dunia pekerjaan, mereka diharuskan memiliki "nilai minimal" dari pendidikannya, maksud saya adalah sampai sejauh mana dia menjalalni pendidikan, SD, SMP, SMA atau kuliah di sebuah Universitas terkenal?. Sampai disini, tujuan pendidikan bagi setiap orang sudah mulai terlihat, pendidikan adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk memasuki sebuah perusahaan yang mereka dambakan.

Ada beberapa orang yang mencintai pendidikan, bukan untuk berkarir atau ingin memiliki gelar Sarjana atau Doktor, tetapi mereka sungguh sungguh mencintai pendidikan. Hal ini disebabkan bisa karena berbagai hal, salah satunya adalah mereka mungkin dilahirkan dari kelurga yang berpendidikan tinggi dan mengalirkan darah yang haus akan materi pendidikan yang ada, dan lain sebagainya. Bagi seorang muslim, pendidikan atau menuntut ilmu itu wajib dan tidak terbatas oleh waktu dan lokasi, mereka dituntut untuk selalu belajar dan mencari ilmu sampi akhir hayat dan sampai ke negeri yang jauh dari tempat tinggal mereka. Tujuannya sangat jelas, menjalankan kewajiban, menambah nilai untuknya, dan menyalurkan hasrat mencari ilmu sebagai seorang pribadi yang berpikiran ingin maju dan sukses.

Tujuan Pendidikan Untuk Keluarga

Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, ada sebagian keluarga yang memiliki tradisi harus bersekolah tinggi dan terus menggapai pendidikan tertinggi yang sanggup mereka capai, sungguh beruntung keluarga seperti ini, kerena mereka telah memiliki prinsip yang mulia dan patutu ditiru oleh kita semua. Selain sebagai tradisi dikelurga, tujuan pendidikan bagi sebuah keluarga juga menyangkut derajat dari keluarga sendiri, jika sebuah keluarga memiliki Ayah dan Ibu yang hanya lulusan SD, maka jika anaknya bisa sampai memiliki gelar Sarjana ini akan memberikan nilai dan derajat sebuah keluarga itu sendiri. Sebuah kebanggaan bagi kita juga jika kita memiliki anak atau siapapun itu dari keluarga yang dapat menggapai pendidikan yang tinggi bukan? seseorang yang memiliki pendidikan ycukup bagus juga setidaknya dapat menjamin keluarganya dalam hal ekonomi, ini karena mereka memiliki seseorang yang bermodal cukup untuk memasuki perusahaan yang mewajibkan para pekerjaanya berpendidikan tinggi, setidaknya sekarang perusahaan apapun mewajibkan akan hal ini walau tidak semuanya bermodalkan gelar atau pendidikan tinggi.

Tujuan Pendidikan Untuk Negara

Setelah kepentingan pribadi dan keluarga, tujuan dan keutamaan pendidikan juga tidak lepas dengan negara, bahkan keberhasilan sebuah negara bisa dilihat dari sejauh mana warga nya menjalani pendidikan. Contoh kecilnya adalah, kita bisa melihat pendidikan dinegara tercinta kita Indonesia dengan negara maju semisal Jerman atau Jepang, bolehlah kita melihat berapa jumlah lulusan Sarjana disana dan dinegara kita, sepintas kita dapat melihat bahwa negara maju memiliki banyak orang yang berpendidikan tinggi, ini sangat berdampak bagi sebuah negara karena kemajuan negara tergantung daripada warganya, jelas keutamaan dan tujuan pendidikan terlihat disini, negara maju selalu memiliki warga yang cerdas dan berpendidikan tinggi, ini tidak dapat dibantah karena bagaimanapun kemajuan sebuah negara tergantung dari mereka. Pendidikan yang tinggi juga membuat seseorang bisa menoreh prestasi yang bagus untuk kebanggaan negara, mereka juga bisa membuat sebuah negara terlihat "hebat" karena dari karyanya.

Itulah sekilas tentang tujuan, manfaat dan keutamaan pendidikan. Harap dicatat bahwa ini semua adalah opini pribadi dan anda berhak setuju atau tidak setuju, yang jelas saya hanya ingin memberikan pendapat dan semoga ada manfaatnya dari tulisan "tujuan pendidikan" kepada kita semua. Harap di ingat pula bahwa pendidikan bukanlah hal utama dalam mencapai kesuksesan seseorang, banyak orang yang telah sukses tetap memiliki pendidikan yang terbatas, bahkan pemilik  Windows dan Iphone pernah di Drop-Out dari kampusnya, tetapi mereka tetap survive bahkan lebih sukses jika dibandingkan dengan kebanyakan orang yang berpendidikan tinggi. Anda jangan berkecil hati jika tidak memiliki kesempatan untuk memiliki pendidikan yang tinggi, tetapi tetaplah bersyukur dan berjuang untuk mendapat pendidikan yang lebih baik lagi, ilmu tidak hanya berasal dari sebuah Kampus tetapi ilmu dapat datang dari mana saja, Internet, buku, bahkan dari seseorang. Apakah anda memiliki pendapat sendiri? silahkan berkomentar gratis heu.. Sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)