Minggu, 09 Desember 2012

Bisnis Online - Anda Pemula? Baca Dulu Ini

bisnis online
Bisnis Online: bigcommercereviewsite.com
Bisnis online, kata atau kalimat ini mungkin sekarang sedang nge-tren sejalan dengan tenarnya beberapa aplikasi/web di Internet semisal Facebook atau Twitter, tetapi untuk bisnis online, hanya beberapa orang saja yang mengetahui secara "benar" apa itu bisnis online. Bagi anda yang sekarang mungkin sedang bingung dengan pengertian kata bisnis online dan sedang bertanya-tanya "apa sih bisnis online itu?", mungkin beberapa penjelasan dari tulisan blog Keldaniaz di bawah ini bisa memberikan sedikit pencerahan bagi anda. Sebelumnya, saya ingin menggaris bawahi terlebih dahulu bahwa penjelasan mengenai bisnis online yang akan saya paparkan mungkin kurang lengkap dan memang seperti itu sengaja saya buat, ini sengaja dibuat supaya seorang pemula tidak merasa bignung dengan banyaknya istilah di dunia bisnis online, mari mulai.

Bisnis online, hmm apakah itu? Bisnis online atau juga sering disebut Internet Marketing (IM) adalah salah satu jenis usaha yang berhubungan dengan dunia online, sebut saja internet. Media bisnis online juga sangat banyak, bisa melaui sebuah (beberapa) website, blog, fans page (seperti fans page di Facebook/FB, Twitter), bahkan lewat media video online semisal di Youtube. Untuk belajar bisnis online, saya ingin memberikan tips dan sedikit informasi apa itu bisnis online dan mengapa banyak orang yang kini mulai mendalami bisnis jenis (melaui) seperti ini, harap di ingat, bisnis ini juga memerlukan perhatian dan ketelitian kita, karena sama halnya seperti bisnis secara real, bisnis online juga rawan penipuan apalagi terhadap para pemula, jadi harap berhati-hati. Mari kita belajar bersama.

Pertama-tama, yang harus anda perhatikan adalah bisnis seperti apa yang ingin anda tekuni, misalkan apakah anda ingin berbisnis barang atau bukan. Inilah langkah awal yang harus anda perhatikan supaya anda tidak merasa bingung setelah mempelajari bisnis online, oke? Kita lihat beberapa contohnya.

Bisnis online produk digital melalui web, blog, dan program internet

Jujur kalau ditulis satu-satu, mungkin para pembaca akan merasa bosan membacanya, untuk itu saya akan memberikan beberapa saja yang telah saya ketahui. Harap anda ingat sebelumnya, bisnis online yang bersangkutan dengan web, blog dan program internet itu sangat banyak, bisa bisnis jual beli website, blog, periklanan, jual beli jasa, jual design dan masih banyak lagi. Untuk itu, anda bisa memilih kira-kira produk apa yang bisa saya buat dan bisa saya bisniskan. Setelah anda bisa menentukan kira-kira bisnis online mana yang cocok buat anda, anda bisa mulai mempelajarinya secara perlahan, ingat jangan tergiur dengan penawaran bisnis online yang menghasilkan banyak uang secara singkat dan mudah, semua usaha perlu ilmu pengetahuan, kerja keras dan tentu saja waktu.

Setelah menentukan apa yang akan anda jual secara online, anda harus segera membuat sebuah "lapak" kalau meminjam dari istilah "tempat dagang" di forum Kaskus, lapak disini mungkin ibaratnya sebuah tempat atau lokasi untuk berjualan/promosi jika secara nyata. Media apa saja yang bisa saya gunakan? seperti yang telah saya sebutkan, jika anda mempunyai barang untuk dijual (barang dari orang lain apapun bentuknya), anda bisa mulai berpromosi dan membuka lapak di blog, website pribadi, di Facebook, Twitter dan lain-lain, cari cara membuatnya di search engine, jangan malas yah,

Manjual produk/barang sendiri secara online

Mungkin bisnis inilah yang kini paling banyak di ikuti oleh banyak orang, selain lebih mudah dalam hal penjualan, bisnis barang secara online juga tidak memerlukan pengetahuan yang luas, maksud saya, jika anda sudah memiliki produk/barang yang siap dijual, anda hanya perlu menjual saja melalui media online internet dan tidak usah repot-repot mencari barang/program/jasa dari orang lain untuk dijual.

jual beli online
Ilustrasi - image : twitteling.com
Ambilah sebuah contoh bisnis pakaian secara online, anda mungkin sudah pernah melihat para penjual pakaian melaui media online internet semisal di Facebook, nah itulah contoh sederhananya, jadi kita siapkan barang pakaian kita yang akan dijual, kemudian pasang iklan barang kita di facebook, jika anda mau sedikit repot, anda bisa membuat fans page sendiri di facebook, (lihat contohnya fans page Keldaniaz blog), sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk berpromosi, yupss promosi secara online itu mudah dan banyak yang gratisnya, anda bisa membaca lebih jauh mengenai promosi melalui social media disini.

Setelah anda mendapatkan konsumen atau calon pembeli, biasanya mereka akan mengontak anda melalui informasi kontak yang anda cantumkan di blog, website, atau di media lain semisal Twitter atau Facebook, setelah semuanya deal, anda bisa mengirimkan barang yang pembeli inginkan, ingatlah untuk mengkonfirmasi pembayaran dulu sebelum anda mengirimkan barang kepada mereka.

Ini ilustrasi/contoh nya..

  • Anda buat website, blog, facebook, twitter dan lain-lain tentang produk anda
  • Berikan segala informasi mengenai barang dagangan anda, juga informasi kontak anda
  • Setelah ada pembeli yang tertarik, buatlah penawaran yang membuat si calon pembeli semakin tertarik, semisal diskon, gratis kirim dll.
  • Jika calon pembeli sudah deal, minta segera mengirimkan uang pembelian
  • Konfirmasi uang pembelian, jika sudah, anda bisa mengirimkan barang kepada konsumen tersebut, pengiriman barang bisa melalui jasa pengantar barang dan biasanya ongkos ditanggung pembeli, atau tergantung kesepakatan sebelumnya.)
Kesimpulan secara sederhananya tentang bisnis nonline adalah bisnis yang biasanya berhubungan dengan media online, tentu saja melaui jalur internet. Barang yang didagangkan di internet juga sudah sangat banyak, bisa barang nyata, ebook (buku digital), kursus musik secara online, dan masih sangat banyak yang lainnya termasuk jasa. Bisnis ini sangat banyak jenis dan ragamnya, jadi jika anda benar-benar tertarik, mulailah membaca-baca buku atau mencari referensi dari internet, forum dan komunitas pembisnis online.

Sebagai langkah awal anda, anda bisa membuat blog atau fans page facebook untuk memperkenalkan barang dagangan anda secara online kepada para calon pembeli, atau jika anda tidak memiliki barang nyata, anda bisa menjadi seorang reseller, terserah anda mau ambil barang dari mana, kalau bingung cari aja di internet. Saya sebenarnya bingung mau mulai dari mana, tetapi setidaknya itulah beberapa bisnis online yang mungkin cukup dikenal oleh masyarakat. Mungkin di artikel selanjutnya saya akan membahas bisnis secara online lebih terperinci, jika anda memiliki pertanyaan seputar bisnis jenis ini, saya senang untuk berdiskusi dengan anda, harap anda tahu bahwa saya juga masih belajar dan tertarik untuk ikut memasarkan beberapa produk nyata saya melalui metode bisnis onlie. Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan komentar anda di sini...

- Pilih Akun ; atau
- Pilih Name/URL : Isi nama saja untuk mudahnya

(komentar akan muncul setelah disetujui.. terima kasih)